Kamis, 23 April 2009

Gw orang iklan! (Bagian 1)



Judul itu adalah cita-cita yg sedang gw kejar saat ini. Gw pengen jadi praktisi periklanan yg kerja d biro iklan. Gw ceritain dari awal kehidupan gw ya..

Waktu kecil di bangku SD dan SMP, gw suka sama pelajaran Bahasa Indonesia. Gw suka dengan berbagai permainan bahasa seperti gaya bahasa (majas), lafal/penulisan bahasa (homonim, homofon, homograf) dan lainnya. Tapi waktu di SMA, penjurusan kelas 3 gw ambil IPA, ini lebih dikarenakan dorongan (baca: paksaan) orang tua, hehe.. Tapi karena otak gw bukan otak IPA, jadilah gw gagal total sewaktu di SMPB. Trus temen-temen (peer group) gw pada ikut tes masuk D3 Periklanan UI, gw yang awalnya buta dengan dunia periklanan, coba-coba ikutan tes masuk juga. Eh tak disangka, gw keterima, teman-teman gw yg niat justru gak keterima. Ya udah, akhirnya gw jalanin kuliah gw di jurusan periklanan UI selama 5 tahun (D3 & ekstensi). Selama kuliah, alhamdulillah gw berhasil dua kali menang lomba iklan. Nah terus di periklanan ini ada profesi yang cocok dengan minat gw sewaktu kecil tadi, yaitu Penulis Naskah Iklan alias Copywriter. Disinilah gw merasa mungkin memang ini pekerjaan yang cocok buat gw.

Kemudian di tahun 2008 kemarin gw udh lulus kuliah. Disinilah konflik dimulai. Selain melamar-lamar ke biro iklan, gw juga melamar ke berbagai perusahaan di luar bidang periklanan. Gw banyak dengar kalo rutinitas kerja di periklanan sangat hectic, yakni seringkali lembur dalam mengerjakan materi iklan. Jadinya gw sempet berpikir untuk nyari pekerjaan di bidang lain yang waktu kerjanya lebih teratur. Konflik kedua muncul ketika gw punya pikiran untuk bikin usaha sendiri (wiraswasta). Hal ini didasari keinginan gw untuk bikin sebuah produk (merek). Selain itu, gw juga berpikir dengan wiraswasta akan dapat membuka lapangan kerja untuk orang lain. Konflik-konflik ini akhirnya menghabiskan waktu gw selama 10 bulan (gw lulus Juni 2008, tulisan ini dibuat April 2009). Emang sih 10 bulan bukannya full kosong, gw sempet melakukan beberapa interview pekerjaan di luar periklanan dan 2 interview di biro iklan, meskipun kedua interview itu gak berhasil gw tembus.

Setelah melalui berbagai proses pemahaman, akhirnya gw memutuskan gw harus kerja di periklanan. Alasan utamanya adalah gw gak pengen menyia-nyiakan (baca: mengkhianati) ilmu periklanan yang udh gw dapet selama 5 tahun di bangku kuliah. Oleh karena itu gw harus mengabdikan ilmu gw ini di bidang periklanan/komunikasi pemasaran. Mengenai jam kerja yg overtime, gw anggap gak jadi masalah, demi konsekuensi gw sebagai orang iklan. Lalu menyangkut keinginan gw menjadi seorang pengusaha, akan tetap berusaha gw wujudkan. Caranya mudah-mudahan setelah 10-20 tahun kedepan setelah gw jadi orang iklan, gw harus bisa untuk buka biro iklan sendiri. Dengan demikian gw akan tetap bisa bikin lapangan pekerjaan untuk orang lain. So, sekarang waktunya gw berjuang & berdoa untuk bisa menggapai keinginan gw jadi orang iklan. Sampai jumpa di bagian kedua dari tulisan ini dan semoga nanti gw udah berhasil jadi orang iklan. Semangat! ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar